Selamat Datang Diblog Saya Ini Semoga Postingan Saya Bisa Bermanfaat Bagi Para Pembaca Sekalian

Minggu, 14 April 2013

Cara Mengucapkan Huruf R (Cadel bagian 2)

,


Lanjut dari posting sebelumnya di bagian 1 Kalau kamu termasuk salah satu orang yang juga susah bilang R (cadel), jangan minder dan jangan berkecil hati, semoga cara dibawah ini bisa membantu.
Oke dari pada banyak cerita, saya mulai saja,

  1. Langkah awal, coba sebutkan BREMM menggunakan bibir (kurang lebih begitu ketika lidah bergetar saat mengucapkan huruf RRR) akan terasa jika sudah mahir. 
  2. Jika sudah berhasil langkah 1, coba MULAI mengucapakan “DE” (dekat, bandeng,berdengung) bukan seperti mengucapkan “DE” (gledek, dewa, bergandengan,) kalau dilihat di kaca, gigi tidak saling bersentuhan(tapi hampir rapat) ini dilakukan agar tetap ada udara bisa keluar, lidah menyentuh ujung gigi atas agak melengkung ke atas (sedikittt), yang jelas seperti yang saya bilang posisi seolah-olah ingin MULAI mengucapkan “DE” tapi agak menjurus ke pengucapan “TE”karena lidah maju ke depan. Dan, ingat-ingat hanya MULAI bukan sampai mengucapkannya. 
  3. Sekarang jika sudah pada posisi itu, coba ucapkan deeetreeee ditiupkan seolah-olah ingin meludah dengan kata "DE" (mirip-mirip treeehh atau drezztt) , pastikan udara berusaha keluar dari mulut, tapi tertahan sama ujung lidah, jadi posisi tetap lidah, juga sambil letakkan telapak tangan di depan mulut (5 jari), biasanya ada percikan air liur keluar sedikit-dikit serta tangan terasa tertiup. 
  4. Tiupnya agak dikeraskan dimana seolah meniup ujung lidah, konsepnya sama seperti mengucapkan breem dengan bibir, bergetar karena ditiup. 
  5. Langkah ini akan berhasil jika terasa ujung lidah ada getaran walaupun tidak banyak, 
  6. Jika masih belum ada getaran, coba angkat sedikit ujung lidah, lalu ulangi lagi. 
  7. Lakukan terus, cara ini. Jika mulai ada sedikit perubahan tingkatkan mulai mengucapkanDREEEEEN… 
  8. Kalau bisa mengucapkan DREEEEN sebenarnya tidak butuh waktu lama, karena kalau langsung tahu tekniknya hari itu juga pasti bisa, (pengalaman 3 orang) cuma kalau nyebut R inilah yang butuh beberapa hari. 
  9. Ingat lagi, ketika mulai bisa semua langkah diatas, Jangan mengawali selain huruf DD. 
  10. Apabila sudah mulai berhasil, kamu akan mampu menggetarkan lidahmu dengan baik tapi tidak bisa mengucapkan huruf RRR, dengan cara inilah nantinya kamu bisa mengucapkan huruf R dengan benar.
Yang perlu kamu ingat

  1. Disini tidak perlu mengucapkan seolah-olah suara keluar dari tengorokan tapi hanya tiupan dan desisan..seolah-olah meludah. 
  2. Jika ujung lidah sudah bergetar, kamu tidak akan mampu mengucapkan huruf R dengan benar ( kecuali didepan huruf R ada huruf D jadi DRRR) salah satu yang selalu saya ucapkan adalah kataMANDREEEEEEE (seperti kata Enak, bukan Elang kebalikan dari di atas) itupun R nya terasa mencolok dan bisa diucapkan di hari ke 2. Ingat jangan mencoba kata selain kata itu. Seperti.
ular = depan huruf R adalah A jadi tidak bisa,
erna = langsung menyebut ER di awal kata
rumah = tidak bisa juga karena langsung menyebut huruf R diawal kata
(ini sangat mustahilll)

Sumpah, waktu dapat cara ini, hampir tiap hari senyum-senyum sendiri seperti mendapat mainan baru karena senangnya, kebetulan juga sudah ada 3 orang yang pernah saya ajarkan cara ini dan berhasil,kalau mereka yang belum pernah merasakan susahnya nyebut R pasti tidak akan pernah tahu, tidak segampang itu mengucapkan kata /kalimat yang ada huruf R nya. Ketika dapat cara inipun saya mencoba beberapa kata yang menggunakan huruf dasar A sampai Z dan alhasil nihil, cuma huruf D saja yang bisa mewakili seperti yang jelaskan di atas.Nah itu saja, kalau ada yang mau coba silahkan. Sandainya berhasil, sekiranya mau kembali ke blog ini dan cerita sedikit pengalamannya :), kalau mau bertanya juga bisa, siapa tahu ada yang salah dengan penjelasan saya diatas, oke semoga membantu.

Kalau kamu termasuk salah satu orang yang juga susah bilang R (cadel), jangan minder dan jangan berkecil hati, semoga cara dibawah ini bisa membantu.

Oke dari pada banyak cerita, saya mulai saja,

Langkah awal, coba sebutkan BREMM menggunakan bibir (kurang lebih begitu ketika lidah bergetar saat mengucapkan huruf RRR) akan terasa jika sudah mahir.

Jika sudah berhasil langkah 1, coba MULAI mengucapakan “DE” (dekat, bandeng,berdengung) bukan seperti mengucapkan “DE” (gledek, dewa, bergandengan,) kalau dilihat di kaca, gigi tidak saling bersentuhan(tapi hampir rapat) ini dilakukan agar tetap ada udara bisa keluar, lidah menyentuh ujung gigi atas agak melengkung ke atas (sedikittt), yang jelas seperti yang saya bilang posisi seolah-olah ingin MULAI mengucapkan “DE” tapi agak menjurus ke pengucapan “TE”karena lidah maju ke depan. Dan, ingat-ingat hanya MULAI bukan sampai mengucapkannya.

Sekarang jika sudah pada posisi itu, coba ucapkan deeetreeee ditiupkan seolah-olah ingin meludah dengan kata "DE" (mirip-mirip treeehh atau drezztt) , pastikan udara berusaha keluar dari mulut, tapi tertahan sama ujung lidah, jadi posisi tetap lidah, juga sambil letakkan telapak tangan di depan mulut (5 jari), biasanya ada percikan air liur keluar sedikit-dikit serta tangan terasa tertiup.

Tiupnya agak dikeraskan dimana seolah meniup ujung lidah, konsepnya sama seperti mengucapkan breem dengan bibir, bergetar karena ditiup.

Langkah ini akan berhasil jika terasa ujung lidah ada getaran walaupun tidak banyak, Jika masih belum ada getaran, coba angkat sedikit ujung lidah, lalu ulangi lagi. Lakukan terus, cara ini. Jika mulai ada sedikit perubahan tingkatkan mulai mengucapkanDREEEEEN…
Kalau bisa mengucapkan DREEEEN sebenarnya tidak butuh waktu lama, karena kalau langsung tahu tekniknya hari itu juga pasti bisa, (pengalaman 3 orang) cuma kalau nyebut R inilah yang butuh beberapa hari.

Ingat lagi, ketika mulai bisa semua langkah diatas, Jangan mengawali selain huruf DD.

Apabila sudah mulai berhasil, kamu akan mampu menggetarkan lidahmu dengan baik tapi tidak bisa mengucapkan huruf RRR, dengan cara inilah nantinya kamu bisa mengucapkan huruf R dengan benar.

Yang perlu kamu ingat

Disini tidak perlu mengucapkan seolah-olah suara keluar dari tengorokan tapi hanya tiupan dan desisan..seolah-olah meludah.

Jika ujung lidah sudah bergetar, kamu tidak akan mampu mengucapkan huruf R dengan benar ( kecuali didepan huruf R ada huruf D jadi DRRR) salah satu yang selalu saya ucapkan adalah kataMANDREEEEEEE (seperti kata Enak, bukan Elang kebalikan dari di atas) itupun R nya terasa mencolok dan bisa diucapkan di hari ke 2. Ingat jangan mencoba kata selain kata itu. Seperti.


ular = depan huruf R adalah A jadi tidak bisa,

erna = langsung menyebut ER di awal kata

rumah = tidak bisa juga karena langsung menyebut huruf R diawal kata

(ini sangat mustahilll)




sember : http://bilah-asa.blogspot.com/

0 komentar to “Cara Mengucapkan Huruf R (Cadel bagian 2)”

Poskan Komentar

Pencerah hati


Fitur SMS Gratis Blog Ini

 

Jendela Dunia Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger Templates