Selamat Datang Diblog Saya Ini Semoga Postingan Saya Bisa Bermanfaat Bagi Para Pembaca Sekalian

Sabtu, 18 Mei 2013

Kurikulum Geografi Perlu Direvitalisasi

,



Kurikulum baru yang akan diberlakukan pada 2013 mendatang ini memiliki tujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu siswa dan mendorong siswa untuk aktif. Pada kurikulum baru ini, perubahan yang mendasar nya adalah bahwa siswa bukan lagi menjadi obyek tapi justru menjadi subyek dengan ikut mengembangkan tema yang ada.

Mulai tanggal 29 November 2012 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengumumkan Draft Resmi Kurikulum 2013. Walaupun belum disyahkan, namun seperti informasi pada bahan uji publik tentang rancangan kurikulum terutama untuk Mata Pelajaran geografi adalah sebagai berikut :
Struktur mata pelajaran wajib A (di SMA) masih tetap seperti pada bahan uji publik versi akhir (tidak ada mata pelajaran Geografi Indonesia)
Struktur kurikulum Mata Pelajaran Kelompok C Peminatan Akademik Sosial, formasi mata pelajarannya masih seperti pada uji publik. Namun ada perubahan dalam jumlah jam pelajaran.
Semua mata pelajaran peminatan akademik untuk kelas X awalnya 4 jam rencananya akan menjadi 3 jam. Sedangkan untuk kelax XI dan XII masih tetap 4 jam. Dengan demikian Geografi akan memperoleh porsi : Kelas X = 3 jam; Kelas XI = 4 jam; dan Kelas XII = 4 jam


Atas dasar hal tersebut, Ikatan Geograf Indonesia (IGI), Ikatan Mahasiswa Geografi (IMAHAGI) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran Geografi sedang Membangun Konsep untuk Integrasi Sejarah dan Geografi Indonesia masuk sebagai mapel wajib (A).

IGI meminta dukungan para tokoh dan anggota IGI yang dapat berperan di Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mendorong langkah ini. Sebagai langkah dan usulan strategis IGI melakukan :
Pernah mengirimkan surat ke Presiden tentang Usulan Kurikulum Nasional Geografi dan di memo ke Mendikbud.
Menghubungi Badan Informasi Geospatial (BIG) agar Ketua BIG berinisiatif menyuarakan pentingnya Geografi diajarkan untuk semua siswa SMA (IPA+IPS+bahasa).
Menghimbau para anggota IGI untuk dapat memperkuat agar Ketua BIG membuat “pernyataan” yang disampaikan kepada Kemendikbud

Saatnya kita selamatkan Indonesia melalui Pendidikan Geografi dan Sejarah Indonesia di Tingkat Sekolah Menengah Atas sehingga diharapkan akan ada berkesinambungan pelajaran Geografi dari SD sampai universitas. Gerakan ini kemudian menampung ide melalui email (IGI-net@yahoogroups.com). Banjir Jakarta, bencana di Indonesia, masalah wilayah, lingkungan, penduduk, pulau, DAS dll perlu terapan ilmu geografi serta untuk kepentingan bangsa, supaya wawasan nusantara anak bangsa ini semakin kuat…

0 komentar to “Kurikulum Geografi Perlu Direvitalisasi”

Posting Komentar

Pencerah hati


Fitur SMS Gratis Blog Ini

 

Jendela Dunia Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger Templates