Selamat Datang Diblog Saya Ini Semoga Postingan Saya Bisa Bermanfaat Bagi Para Pembaca Sekalian

Sabtu, 18 Mei 2013

5 alasan saintifik megapa Geografi penting untuk mendidik anak bangsa dan bagi prospek negera ini di masa depan

,
(1) geografi adalah salah satu unsur pembentuk negara, selain unsur pemerintah dan penduduk, sehingga tanpa geografi, negara ini tidak akan terwujud.

(2) Lemhanas, mengajarkan perlunya ketahanan nasional, bela negara, keutuhan NKRI yang final, melalui 8 gatra, dimana salah satu gatranya adalah geografi.

(3) posisi geografi Indonesia pada persimpangan dunia, dua samodera, dua benua, sangat menentukan percaturan perdagangan dunia, terutama yang melalui alur pelayaran dunia di Indonesia (Selat Malaka, Selat Sunda, Selat Lombok, Laut Arafura).

(4) UU 32/2004 mengatur tentang otonomi daerah, yaitu kewenangan mengatur sumberdaya alam pada tingkat Kabupaten dan Kota, sehingga menjadikan pemahaman geografi Indonesia, secara keseluruhan kurang terperhatikan, masing-masing sibuk dengan wilayah masing-masing, dan hal ini mendorong timbulnya disintegrasi bangsa.

(5) Sumberdaya alam hayati Indonesia yang sangat menentukan paru-paru dunia (hutan tropika basah merupakan satu dari 3 paru-paru dunia, selain Amazon dan Afrika tengah); juga Coral Triangle kita di Indonesia bagian timur, seluas negara Rusia, yang sangat penting bagibio-diversity dunia. (Disampaikan oleh Ketua IGI)

0 komentar to “5 alasan saintifik megapa Geografi penting untuk mendidik anak bangsa dan bagi prospek negera ini di masa depan”

Posting Komentar

Pencerah hati


Fitur SMS Gratis Blog Ini

 

Jendela Dunia Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger Templates